Oleh: lesmanaindra | 24 April 2011

Sejarah Tentang Web Browser Opera


Web browser Opera dirilis oleh perusahaan pengembang software bernama “Opera Software ASA” yang berdiri pada tahun 1995. Sebelum itu, kisah Opera diawali pada tahun 1992, oleh Jon Stephenson von Tetzchner dan Geir Ivarsey yang merupakan staf riset di Televerket (sebuah perusahaan telepon asal Norwegia yang sekarang bernama Telenor). Grup tersebut mengambil peranan dalam mengembangkan ODA (Open Document Architecture), yaitu sebuah standar sistem penyimpanan dan pengambilan dokumen, gambar, dan yang lainnya. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, ODA tidak bisa tersebar dengan luas.

Grup ini juga mendirikan server internet pertama di Norwegia dan homepage pada tahun 1993. Tapi mereka merasa bahwa browser yang mereka gunakan “Mosaic” mempunyai struktur yang biasa-biasa saja untuk digunakan secara efektif pada saat bowsing. Oleh karenanya, grup ini tergerak untuk membuat sebuah web browser yang baru dari awal.

Terinspirasi oleh proyek ODA, mereka membangun sebuah browser yang bisa beradaptasi dengan segala macam struktur web. Pada akhir tahun 1995, Televerket berubah namanya menjadi Telenor dan di situlah perusahaan Opera Software dibangun. Produk mereka kemudian diberi nama “MultiTorg Opera” dan secara cepat digunakan oleh komunitas internet pada saat itu karena fitur multiple document interface dan sidebar-nya yang membuat browsing beberapa halaman secara sekaligus menjadi lebih mudah.

Hingga saat ini, Web browser Opera sudah menjadi web browser multi-platform, yang mendukung berbagai perangkat mobile dan berbagai sistem operasi komputer desktop (PC). Web browser Opera merupakan salah satu browser Internet yang bebas untuk di-download secara gratis. Opera memiliki beberapa kelebihan, salah satunya mudah untuk digunakan dan dipelajari (user friendly).

Saat menggunakan Opera, kita semakin dimudahkan dengan berbagai fitur yang mudah dipahami seperti email client, aplikasi untuk chatting (IRC), dan lain sebagainya. Bagi user yang masih awam, hal ini banyak membantu karena user tidak lagi direpotkan untuk mencari email client, aplikasi chatting, dan lain sebagainya. Semuanya telah tersedia dalam web browser Opera.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: