Oleh: lesmanaindra | 28 April 2011

Install windows di Ubuntu dengan virtualbox


Untuk menginstall windows XP (atau OS lain), di dalam Ubuntu dengan virtual machine, diperlukan software Virtual Box dan file instalasi OS nya, karena saya tidak punya optical drive, saya menggunakan file image Windows XP (.iso) yang tersimpan di harddisk.

Bagian I : Menginstall VirtualBox

1. Pertama kita dowload dulu virtualBox disini.

2. Selanjutnya install file yang sudah di download tersebut. (Install nya biasa aja, langsung double-klik file tersebut, nantinya langsung ke buka di Ubuntu software Center, tinggal klik install)

Tunggu sampai proses installasi selesai.

Bagian II : Membuat Virtual Machine

3. Kalau sudah, bisa langsung dibuka di Application – System Tools – Oracle VM VirtualBox.

4. Selanjutnya kita buat Virtual Machine baru. Caranya klik pada Icon New yang berwarna biru atau klik Machine – New pada menu bar.

5. Maka akan muncul windows “Create New Virtual Machine”, klik Next.

6. Pada VM Name and OS Type, ketikkan nama Virtual Machine yang kamu inginkan, misal WXP. Kemudian pilih jenis Sistem Operasi dan versinya. Kalau sudah klik Next.

7. Selanjutnya kita diminta untuk menentukan ukuran Base Memory, nantinya akan digunakan sebagai RAM pada VM yang kita buat. (Ingat: jangan menginputkan ukuran yang lebih besar dari RAM yang kita punya, baiknya maksimal setengah dari RAM asli).

Seletah itu klik Next.

8. Sekarang kita buat hard disk virtual. Centang Boot Harddisk dan pilih Create New Hard disk.

Bagian III : Membuat Disk Virtual

9. Maka akan muncul window baru Create New Virtual Disk. Klik Next.

10. Pilih Dynamically expanding storage. Klik Next.

11. Pilih lokasi dimana kita akan menyimpan hardisk virtual tersebut tentukan ukurannya. Klik Next.

12. Pembuatan disk virtual selesai. Klik Finish.

13. Selanjutnya pembuatan virtual machine juga sudah selesai, klik Finish. Sekarang VM sudah siap digunakan.

Bagian IV : Install OS di dalam Virtual Machine

14. Klik start untuk mulai menggunakan VM dan menginstall OS di dalamnya.

15. AKan muncul windows seperti dibawah ini. Klik Next

16. Pilih file installasi Sistem Operasi yang kamu inginkan dengan cara klik pada icon berbentuk folder. (Lihat gambar)

17. Klik Next – Lalu Finish.

18. Klik FInish. Selanjutnya VM akan berjalan seperti layaknya komputer biasa, melakukan booting dan langsung menginstall OS. Lakukan installasi Windows seperti biasa.


Responses

  1. hallo gan boleh tanya gan kalo pengen instal 2 windows di satu kaomputer gimana yang gan ? mohon pencerahannya gan🙂
    boleh tuker link gan ?
    http://motorbandung.com/
    http://oto7.wordpress.com/

    saya indra setiawan gan , ntar saya pasang balik link agan terima kasih😀

    • oh,, bisa aja, cuma harus bagi partisi.. kalo beda versi, harus install versi yang terbaru dulu. Misalnya windows 7 sama XP, install 7 dulu, baru XP. begitu..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: